Visi dan Misi
- Visi
Kurikulum Operasional Sekolah disusun oleh Satuan Pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program Pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah. Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan diantaranya adalah: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, era informasi, pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, era perdagangan bebas.
Tantangan dan peluang itu harus di respon oleh UPT. SD Negeri 11 Mesjid Lama, sehingga visi sekolah diharapkan sesuai dengan arah perkembnagan tersebut. Visi tidak lain merupakan cita-cita moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa yang akan datang. Adapun visi UPT. SD Negeri 11 Mesjid Lama, yaitu :
“Terwujudnya peserta didik yang berakhlakul karimah dan Cerdas, Berkarakter Berlandaskan Profil Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, Mandiri dan Berkebhinekaan Global.”
Adapun indikator ketercapaian dari visi sesuai dengan variabelnya, yaitu:
- Terwujudnya peserta didik yang berakhlak mulia.
- Terwujudnya peserta didik yang cerdas dan berkarakter.
- Terwujudnya peserta didik yang mampu memanfaatkan IPTEK.
- Berkarakter menginplementasikan Profil pelajar pancasila dalam aktualisasi kehidupan, berpikir kritis diera globalisasi dengan tetap berprilaku sesuai dengan karakternya.
- Visi
Kurikulum Operasional Sekolah disusun oleh Satuan Pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program Pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah. Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan diantaranya adalah: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, era informasi, pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, era perdagangan bebas.
Tantangan dan peluang itu harus di respon oleh UPT. SD Negeri 11 Mesjid Lama, sehingga visi sekolah diharapkan sesuai dengan arah perkembnagan tersebut. Visi tidak lain merupakan cita-cita moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa yang akan datang. Adapun visi UPT. SD Negeri 11 Mesjid Lama, yaitu :
“Terwujudnya peserta didik yang berakhlakul karimah dan Cerdas, Berkarakter Berlandaskan Profil Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, Mandiri dan Berkebhinekaan Global.”
Adapun indikator ketercapaian dari visi sesuai dengan variabelnya, yaitu:
- Terwujudnya peserta didik yang berakhlak mulia.
- Terwujudnya peserta didik yang cerdas dan berkarakter.
- Terwujudnya peserta didik yang mampu memanfaatkan IPTEK.
- Berkarakter menginplementasikan Profil pelajar pancasila dalam aktualisasi kehidupan, berpikir kritis diera globalisasi dengan tetap berprilaku sesuai dengan karakternya.
- Misi
Misi UPT SD Negeri 11 Mesjid Lama adalah sebagai berikut.
Berdasarkan visi yang telah dirumuskan, untuk mewujudkannya diperlukan
suatu misi berupa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Adapun Misi yang dirumuskan berdasar visi adalah sebagai berikut:
- Mengembangkan pembelajaran yang aktif dan berpusat pada peserta melalui pemanfaatan teknologi informasi.
- Melaksanakan pembelajaran berbasis digital.
- Meningkatkan kemampuan literasi digital pada peserta didik
- Mengimplementasikan nilai - nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
- Mengoptimalkan potensi, minat dan bakat siswa melalui ekstrakurikuler.
Misi disusun agar visi dapat tercapai. Misi disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah yang dijabarkan dalam program dan kegiatan
- Tujuan Sekolah
Tujuan sekolah di UPT SD Negeri 11 Mesjid Lama sebagai bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah yang telah diterapkan sebagai berikut.
- Terlaksananya budaya sikap pserta didik terbuka dan inklusif terhadap perbedaan budaya, ras, agama, dan nilai-nilai yang berbeda dalam lingkungan yang semakin heterogen.
- Terlaksananya budaya perilaku peserta didik bergotong royong dalam kehidupan sehari-hari.
- Terbiasanya sikap dan perilaku peserta didik berakhlakul karimah dengan nilai-nilai religius dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah, di rumah dan di masyarakat.
- Terlaksananya pembinaan, pembimbingan dan pelatihan pada peerta didik di bidang ilmu pengetahuan teknologi (Iptek), kesenian, keterampilan, kerohanian dan olahraga, yang berorientasi pada perolehan prestasi baik tingkat lokal maupun nasional.
- Terbiasanya peserta didik bersikap dan berprilaku ramah terhadap lingkungan hidup.
- Tersediaannya sarana dan prasarana yang sesuai dengan ketentuan untuk peningkatan kualitas pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
- Meningkatnya kompetensi tenga pendidk untuk peningkatan kualitas pembelajaran yang berpusat pada peserta didik melalui kegiatan mandiri, workshop, bimtek, pelatihan, webinar dan kegiatan komunitas belajar